Buat Buku Masih Galau Memulainya



Buat Buku Masih Galau Memulainya

Oleh: Sofyan Yuli Antonius

Ada keinginan membuat buku. Tapi itu masih dalam khayalan belaka. Ada keinginan yang kuat dalam pikiran. Tapi masih ada permasalahan yang dihadapi yaitu langkahnya seperti apa yang pertama kali dilakukan.

Sementara ini masih cari buku referensi bacaan tentang bagaimana cara menulis hingga bisa menjadi buku yang bisa diterbitkan di penerbit. Sementara yang bisa didapatkan dari membaca buku itu berupa teknik menulis dan membiasakan diri banyak membaca buku dan menulis, menulis dan terus menulis sampai kapanpun.

Ketika membaca buku ada juga ulasan menulis cepat dengan tidak memperdulikan titik atau koma tanda baca apapun yang penting terus menulis sampai apa yang ada di dalam pikiran ini kosong. Menuangkan tulisan apa saja jangan berhenti dulu sebelum habis kata-kata yang keluar menjadi tulisan. Apalagi berhenti untuk mengedit tulisan yang hanya baru mendapatkan satu paragraf itu tidak dianjurkan karena akan menghambat arus informasi yang akan dituliskan kedalam lembaran lembaran kertas atau lembaran ketikan.

Baca juga: Membongkar Kesulitan Menulis Saat Jadi Jurnalis Pemula

Sebenarnya keinginan membuat buku ini sudah lama sekali. Tapi banyak sekali kendala terutama semangat menulis yang sering kendur. Apalagi banyak waktu yang terbuang begitu saja karena cuma melamun dan berpikir bagaimana mengawali sebuah tulisan atau akan menulis. Ketika sudah berada di depan layar komputer atau depan handphone lewat aplikasi mengetik note berhenti juga ide tulisan tidak bisa mengalir begitu saja.

Lewat tulisan inilah sedikit demi sedikit menuangkan ide tulisan  dalam belajar menulis yang baik dan benar itu harapannya. Semoga saja bisa. Karena dari bahan bacaan buku yang saya baca menyarankan banyaklah berlatih dan berlatih. Banyaklah menulis dan menulis apa saja yang ingin ditulis. Jangan sampai lembaran masih putih masih kosong, ayo diisi dengan tulisan apa saja yang terpenting adalah bisa digunakan untuk belajar menulis.

Baca juga: Lulusan SMK Jurusan Bangunan Gedung Kok Bisa Jadi Penyiar Radio

Dalam buku yang saya baca juga menyarankan sebagai penulis pemula yang perlu dilakukan adalah menulis selama 30 menit tanpa ada jeda sedikit pun. Bisa dihitung kalau sehari selama 30 menit bisa menghasilakan satu tulisan panjangnya dua halaman bisa dihitung satu hari dua halaman kalau tiga bulan beranti sudah punya 120 halaman yang bisa dijadikan buku. Bukunya itu untuk sendiri dulu karena baru latihan. Kalau sudah terbiasa bisa dipastikan bukunya diterbitkan dan laku dijual.

Dalam latihan menulis banyak ide yang bisa ditulis misalnya perasaan hati, keinginan, khayalan yang sedang dihkayalkan, atau bisa juga hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan rutinitas, pekerjaan, hobi, keluarga, anak, orang tua, teman dan lain sebagainya bisa dijadikan ide tulisan.

Disarankan juga ketika ada keinginan menulis buku itu ada komitmen dan target kapan buku itu bisa diselesaikan. Kalau tidak ada komitmen dan target dari diri sendiri tidak akan pernah bisa menulis buku yang bisa diterbitkan oleh penerbit.

Semoga keinginan saya bisa menerbitkan buku dikabulkan Allah SWT. Amiinn. (*)

0 komentar