Hati Menentukan Sifat, Sikap dan Perbuatan

Hati Menentukan Sifat, Sikap dan Perbuatan

Oleh: Sofyan Yuli Antonius

Ketika saya melihat poster yang terpampang di dinding kantor Korwil Bidang Disdik Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri bertuliskan "Melayani dengan hati, sepenuh hati, dengan hati-hati dan tidak sesuka hati". Isi pesan yang penuh makna ini jika diterapkan secara sungguh-sungguh dalam kehidupan sehari-hari dan konsisten akan memberikan dampak yang baik bagi semuanya.

Dari kalimat tersebut menurut pendapat saya ada lima kata menggunakan kata hati. Dari hati inilah bisa menjadi sumber setiap langkah dan perbuatan. Kalau hati ini baik maka perbuatan juga akan baik. Namun sebaliknya jika hati ini buruk maka sifat dan perbuatan juga akan buruk. 

Penekanan kata hati ini tentulah baik bagi sebuah pelayanan kepada publik. Sebab dengan hati yang baik maka pelayanan juga diberikan dengan baik pula yang mampu memuaskan pengguna pelayanan. 

Semoga kita sebagai pelayan diri sendiri dan melayani orang lain dapat memberikan pelayanan yang terbaik agar semua pekerjaan mendapatkan berkah dalam menjalankan amanah. (*)

0 komentar