Semakin Kuat Memahami, Semakin Belum Mengerti



Semakin Kuat Memahami, Semakin Belum Mengerti

Terkadang banyak hal yang belum sepenuhnya aku pahami dan mengerti tentang kehidupan ini. Untuk memahaminya, banyak orang mengatakan haruslah banyak belajar. Namun yang menjadi pertanyaan bagi diri ini, semakin aku membaca dan berpikir seakan-akan apa yang saya pelajari ini belum bisa memberikan kepuasan dan pemahaman tentang sesuatu hal yang aku pelajari. Bahkan seperti aku berada di tengah lautan yang belum tahu kapan perahu ini bisa berlabuh berhenti sampai daratan. 

Lantas saya itu bertanya pada diriku sendiri, apakah ini yang dinamakan ilmu itu ya? Karena semakin dalam kita mempelajarinya seperti mengarungi samudra luas yang tidak tahu ujungnya kapan bisa berhenti mencapai daratan.

Berbagai bacaan buku, membuka internet, mencari berbagai literatur membuat saya semakin merasa penasaran tidak ada hentinya. Bahkan merasakan waktu berjalan begitu cepat ketika aku membaca buku, berpikir dan memahami tentang sesuatu hal yang sedang dicari. 

Inilah yang saat ini aku rasakan. Bahkan dalam keheningan sempat terpikir juga langkah apa saja yang harus aku lakukan? Akankah aku harus berhenti dalam pencarian memahami ilmu atau tetap berjalan dan mencari sampai benar-benar memahaminya?

Kalau aku berhenti, berarti aku telah menyia-nyiakan perjalanan selama ini. Memang benar adanya bahwa menggali pemahaman ilmu itu sungguh penuh perjuangan dan konsisten untuk mendapatkan yang diinginkan. Boleh dikatakan bahwa pencarian ilmu atau belajar itu sampai hayat. (Sofyan)


0 komentar