Asyiknya Menggunakan Smart Phone Secara Bijak



Asyiknya Menggunakan Smart Phone Secara Bijak

Oleh: Sofyan Yuli Antonius


Ketika smarphone sudah di tangan. Apa yang menjadi kebiasaanmu mengunggunakan smart phone itu? Dari beberapa pengamatan dan wawancara yang Sofyan lakukan kepada beberapa orang ada yang menjawab menggunakan untuk membaca status orang lain, berselancar di facebook dengan tujuan yang tidak tentu. Ada juga digunakan untuk jualan online, mencari uang membuat artikel diunggah di blog, berkarya membuat video kreatif untuk lomba. Membuat konten youtube, tempat ngobrol dan curhat dengan sahabat, ada yang menggunakannya untuk belajar, ngegame dan lain sebagainnya.

Menggunakan smart phone saat ini sudah menjadi bagian hidup masing-masing individu. Mereka menggunakan sesuai keinginan dan kebutuhannya. Namun yang perlu diingat bahwa penggunaan smart phone secara berlebihan juga akan membawa dampak yang kurang baik bagi diri sendiri. 

Dikutip dari berbagai sumber dampak yang dihasilkan antara lain suka lupa waktu dan menunda-nunda pekerjaan. Ini terjadi ketika saking asyiknya ngobrol dengan teman-teman di group media sosial. Tidak terasa waktu berlalu yang sebenarnya waktu itu bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan hanya digunakan untuk ngobrol tidak menentu arah dan tujuannya. 

Hal ini juga terjadi ketika senang main game juga berakibat lupa waktu. Ini terjadi kebanyakan pada anak-anak dan remaja. Mereka suka lupa waktu makan, ibadah sholat, ketika diperintah orang tua tidak mau dan menunda tugas sekolah yang diberikan bapak dan ibu guru saat pembelajaran jarak jauh.

Dampak yang dirasakan lainnya yaitu merasa ada kehilangan sesuatu jika tidak ada smart phone digenggamannya. Rasanya tidak mau lepas dari dia ibaratnya inginnya nempel terus. Jika tidak memegang atau berselanjar di media sosial rasanya hidup itu terasa hampa. 

Lantas jika kita sudah tahu dan merasakan dampak yang tidak baik dalam menggunakan smart phone ini apa yang harus diperbuat? Ada beberapa cara agar smath phone tidak menjadi candu dalam kehidupan. 

Langkah pertama adalah menentukan tujuan dan berapa lama kita menggunakan smartphone. Tujuan misalnya untuk mencari hiburan mengisi waktu dengan main game. Selama main game tetap menentukan waktunya selama 2 jam. Setelah dua jam selesai atau tidak selesai harus berhenti. 

Kedua, berkomitmen dengan diri sendiri menggunakan smartphone untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat serta hemat pulsa. Hal ini diperlukan agar selama menggunakan smartphone dapat dikendalikan dengan sebaik-baiknya.

Ketiga, sebelum menggunakan smartphone harus berdoa terlebih dahulu agar selalu dilindungi Allah SWT sehingga terhindar dari konten yang tidak bermanfaat dan merugikan diri sendiri.

Semoga kita semua dalam menggunakan smart phone mampu merubah hidup kita menjadi lebih baik dan bermanfaat. Salam semangat berkarya, selalu bahagia serta sejahtera. (*)


0 komentar