Menjauhlah Rasa Malas Dariku



Menjauhlah Rasa Malas Dariku

Oleh: Sofyan Yuli Antonius

Sekuat tenaga dan berbagai strategi dilakukan agar dapat mencapai suatu keberhasilan sesuai keinginan. Keinginan apapun itu harus diusahakan tercapai dan berfokus pada hasil akhir yang dapat memberi kepuasan lahir dan batin. Jika kepuasan ini dapat dicapai maka seberapa pun uang dikeluarkan tidak pernah dipikirkan berapa jumlah besarnya.

Kepuasan inilah yang mendasari manusia bersemangat memenuhi kebutuhannya. Tapi manusia memiliki sifat dasar tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah dia capai saat ini maka dipertaruhkan apa saja untuk mengejar memenuhi kebutuhan berikutnya.

Ada juga manusia yang memiliki kepuasan jika dia bisa bermalas malasan tidak mau bekerja keras. Inginnya terpenuhi semua kebutuhan tanpa bersusah payah bekerja. Ini tabiat manusia pemalas yang tidak boleh dimiliki. Walau pada dasarnya manusia punya sifat pemalas namun dia diberi akal, nafsu dan semangat dari Allah SWT untuk terus berusaha dan bekerja sekuat tenaga. Tidak hanya hidup untuk bermalas-malasan saja.

Ada beberapa cara agar diri ini dapat menekan dan menghidari rasa malas diantaranya pertama selalu berdoa memohon kepada Allah SWT terhindar dari rasa malas. Kedua selalu bangun subuh melaksanakan sholat subuh. Ketiga buat suasana hati selalu bahagia dan ceria. Keempat bekerja secara ikhlas dan berharap mendapatkan ridho dari Allah SWT dan selalu bersyukur atas semua hasil yang telah dikerjakan apapun itu hasilnya. Kelima tidak pernah mengeluh dan berputus asa jika hasil dicapai belum sesuai keinginan yang diharapkannya.

Beberapa cara atau tips yang telah disampaikan tersebut semoga dapat memberi semangat untuk berkarya dan terhindar dari rasa malas yang berkepanjangan yang dapat merugikan diri. Terlebih rugi waktu yang terbuang percuma padahal kalau waktu itu digunakan untuk berkarya akan dapat mengasilkan sesuatu yang bermanfaat tidak hanya diri kita saja yang mengambil manfaatnya tapi juga pada orang lain. (*)







0 komentar