Apapun Keadaan Dirimu, Kecerdasan Teruslah Dilatih


Setiap manusia dilahirkan di dunia ini dianugrahi kecerdasan dari Allah SWT. Kecerdasan sudah ada sejak lahir sebagai alat pelengkap hidup manusia selama mengarungi kehidupannya. Kecerdasan akan tumbuh baik bila kecerdasan diasah terus menerus yang bisa memberikan cara dan arah dalam mencapai kehidupan mulia.

Manusia diharuskan menggunakan kecerdasannya dalam bidang yang ditekuninya. Kecerdasan semakin sering diasah dan digunakan memberi manfaat dalam hidup. Salah satu manfaatnya dapat mengambil keputusan secara efektif dan benar.

Dengan kecerdasan ini manusia merespon apa saja yang ada di dalam dan di luar dirinya. Jika kecerdasan berfungsi bagus maka respos menanggapi secara cepat dan tepat. Bahkan ide-ide yang muncul di alam bawah sadar juga ide cemerlang. 

Melatih kecerdasan disesuaikan dengan kecerdasan yang dimiliki. Cara mengetahui kecerdasan potensial dalam diri sendiri melakukan evaluasi diri melalui tes psikologi. Bisa juga dengan mencatat kebiasaan apa saja yang berdampak positif bagi diri sendiri. Sebagai contoh seseorang menyukai dunia seni lukis hal ini diartikan memiliki kecerdasan visual yang bagus. Mampu menafsirkan gambar lukisan sesuai kaidah seni lukis.

Sekecil apapun kecerdasan yang dimiliki jika diasah dan dikembangkan secara benar dan sesuai maka bisa dipastikan kecerdasan itu akan tumbuh sempurna dan bisa memberikan kemanfaatan bagi pemiliknya. Oleh sebab itulah, pilihlah tempat dan lingkungan yang pas dan cocok dengan kecerdasan yang dimiliki. Jangan hanya karena keterpaksaan dan tekanan keadaan yang menyebabkan kecerdasan menjadi kerdil. (Sofyan)

0 komentar