Sukses Mengikuti Sikap, Perilaku dan Layanan



Sukses Mengikuti Sikap, Perilaku dan Layanan

Memantaskan diri untuk menjadi sesuatu yang dianggap sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki. Inilah yang terjadi pada orang-orang yang merasa dirinya bisa melakukan sesuatu sesuai kemampuannya. Tidak jarang menemui orang-orang yang menganggap dirinya pintar dan berilmu. Mereka tampil memantaskan dirinya sesuai apa yang dianggapnya mampu. Inilah yang terjadi. Mungkin saja karena hanya sedikit ilmu yang dimiliki hingga dirinya berani mengambil suatu keputusan yang sebenarnya hanya sedikit kemampuan yang dimiliki. Sehingga penguasaan kurang cermat dan cerdas dalam mengajarkan sesuatu hal kepada orang lain. Hal ini hanya untuk mengejar pencitraan semata namun mengabaikan makna profesional yang ada.

Banyak orang menganggap orang berilmu namun dalam adab dia tidak memilikinya. Banyak orang pintar namun dalam bersikap dan berperilaku tidak mencerminkan kepitaran yang dimilikinya. Hanya karena merasa pintar, semena-mena merendahkan derajat orang lain. Begitu pula hanya memiliki jabatan sementara melakukan hal semena-mena dengan orang lain. Bahkan dengan bangganya bisa melakukan apa saja untuk memperkaya dirinya sendiri tanpa memperdulikan orang lain. Inilah orang yang sudah jauh dari tatanan sebagai manusia yang bernilai. 

Orang yang memiliki perilaku, sikap dan tutur kata yang baiklah yang dikatakan orang yang beradab atau berakhlak mulia. Di manapun berada pasti akan disukai oleh orang lain bahkan keberadaannya selalu dinanti dan diharapkan dapat hadir. Maka dari itu pintar ilmu keterampilan saja tidaklah cukup dalam berhubungan dengan orang lain tanpa diimbangi karakter dan kepribadian yang baik atau orang mengatakan tepo seliro.

Faktor kesuksesan seseorang bisa dikatakan tidak saja dari ilmu yang dimilikinya namun dari sikap, perilaku dan pelayanan yang baik terhadap orang lain. Bahkan dalam berbisnis yang utama adalah layanan, sikap dan perilaku dibanding dengan produk yang dihasilkan. 

Sejak dini yang harus diajarkan kepada generasi muda adalah berperilaku sopan, bertutur kata baik, berperilaku sesuai adab yang berlaku serta memberikan pelayanan kepada orang lain sepenuh hati tanpa harus merendahkan orang lain. Setelah itu, diajarkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan hidup agar dalam kehidupannya memperoleh kesuksesan. (Sofyan)


0 komentar