Memberi Pembimbingan dan Pengajaran Magang Pendidikan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Saya menerima cinderamata dari Prodi PBSI FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang diserahkan oleh Koordinator Program Magang Pendidikan, Wahyu Dini Septiari, M.Pd pada penarikan mahasiswa.


Memberi Pembimbingan dan Pengajaran Magang Pendidikan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo


Menjadi suatu kebahagiaan yang luar biasa bagi saya bisa berbagi ilmu jurnalistik kepada mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Melalui kegiatan Magang Pendidikan di majalahlarise.com dari tanggal 18 Desember 2023 sampai 7 Februari 2024 pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, saya merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi dalam pembentukan generasi muda yang kompeten di bidang jurnalistik.

Saya percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk menciptakan perubahan positif, dan dengan berbagi ilmu, kita dapat membantu mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia nyata. Dengan semangat yang berkobar-kobar, saya berusaha untuk menginspirasi dan membimbing mahasiswa dalam mengeksplorasi potensi mereka di dunia jurnalistik. Selain itu, kolaborasi antara saya dan mahasiswa juga menjadi peluang untuk saling belajar dan berkembang. Saya berharap melalui proses pembelajaran ini, kami semua dapat tumbuh dan menjadi individu yang lebih baik. Dengan demikian, saya menganggap kesempatan ini sebagai anugerah dan tanggung jawab yang besar, serta berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi perkembangan akademik dan profesional mahasiswa PBSI FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

Dalam memberikan bimbingan jurnalistik, saya secara teliti dan komprehensif membantu mahasiswa dalam setiap tahap proses, mulai dari perencanaan liputan hingga penulisan berita dan pengeditan naskah. Pertama-tama, saya membantu mereka merancang rencana liputan yang solid dan relevan dengan prinsip-prinsip jurnalisme yang etis dan akurat. Kami mendiskusikan topik, sumber daya, dan pendekatan yang tepat untuk menyajikan informasi dengan cara yang paling efektif. Selanjutnya, saya memberikan panduan dan tips praktis dalam menulis berita yang informatif, menarik, dan mudah dipahami oleh pembaca. Saya berbagi teknik-teknik penulisan yang efektif serta memberikan umpan balik konstruktif untuk membantu mereka meningkatkan keterampilan menulis mereka. Terakhir, saya terlibat dalam proses pengeditan naskah berita, membantu mahasiswa untuk menyempurnakan tulisan mereka dengan memperbaiki struktur kalimat, kejelasan, dan konsistensi gaya. 

Melalui pendampingan yang cermat dan berfokus pada pengembangan kemampuan individu, saya bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi jurnalis yang kompeten dan berkualitas di masa depan.

Semoga ilmu jurnalistik yang telah saya sampaikan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perkembangan intelektual dan profesionalisme mahasiswa. 

Saya berharap bahwa pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dari bimbingan saya akan menjadi landasan yang kokoh dalam perjalanan mereka di dunia jurnalistik. Dengan memahami konsep dasar, etika, dan praktik terbaik dalam jurnalisme, diharapkan mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat melalui tulisan mereka. Selain itu, saya berharap ilmu yang telah saya bagikan juga dapat memberikan mahasiswa kepercayaan diri dan motivasi yang diperlukan untuk mengeksplorasi potensi mereka secara maksimal. 

Dengan kemampuan yang diperoleh, mereka diharapkan mampu menghadapi tantangan dunia nyata dengan sikap profesionalisme dan keberanian. Semakin banyak mahasiswa yang terampil dan berpengetahuan di bidang jurnalistik, semakin besar pula kontribusi mereka dalam membentuk opini publik yang cerdas dan berimbang. Oleh karena itu, saya berkomitmen untuk terus mendukung dan menginspirasi mahasiswa dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan di dunia jurnalistik.

0 komentar