Memegang Konsisten Butuh Genggaman Erat

 


Memegang Konsisten Butuh Genggaman Erat

Menjalani segala rutinitas setiap hari memang membuat hati dan pikiran menjadi jenuh. Namun rutinitas yang menjemukan ini terjadi karena setiap hari kita mengulang-ulang terus menerus tanpa ada perubahan sedikit pun. Hal ini pernah saya alami ketika bekerja di pabrik mebel. Waktu itu saya di tempatkan bekerja di bagian penghalusan kayu atau yang dikenal bagian amplas. Setiap hari dari memegang amplas dari pukul 07.00 - 15.00 WIB jam masuk kerja.

Betapa menjemukan dan membosankan bekerja seperti ini. Namun itu saya jalani karena saya orang yang baru lulus dari sekolah menengah kejuruan (SMK) yang belum memiliki pengalaman bekerja apapun. Dari sinilah saya merasakan sekitar hampir tiga bulan melakukan rutinitas seperti itu. Rasanya tidak ada pekerjaan lainnya selain pekerjaan menghaluskan kayu mebel bergelut dengan debu kayu.

Saya menyadari bahwa semua pasti ada masanya akan merasakan terlepas dari rasa jemu akibat rutinitas yang berulang-ulang setiap hari. Ternyata benar apa yang saya duga. Selama tiga bulan inilah saya masih dalam uji coba oleh menejemen perusahaan seberapa tangguh dan gigih kekuatan yang saya miliki mengerjakan pekerjaan itu. Setelah masa uji coba itu, saya diberikan tugas baru yaitu ditempatkan di bagian menggambar mebel. Tugas ini membuat gambar kerja mebel yang akan di produksi.

Baca juga: Menghargai Sebuah Proses Keberhasilan

Di bagian gambar ini juga mengalami kejenuhan juga berhadapan dengan kertas dan foto contoh berbagai mebel yang akan di produksi nantinya. Dari pengalaman selama tiga bulan lamanya dibagian penghalusan kayu inilah saya mengevaluasi diri kembali ternyata jika kita melakukan pekerjaan secara rutin dengan pekerjaan sama secara konsisten dan kesinambungan akan mengalami titik kejenuhan yang berakibat adanya penurunan semangat dalam bekerja.

Dari hasil evaluasi diri tersebut, saya mengakui bahwa adanya rotasi jabatan dan pekerjaan memang sangat dibutuhkan oleh karyawan atau pekerja agar mereka belajar lagi dengan hal yang baru serta mendapatkan pengalaman. Selain itu yang terpenting adalah mereka tidak merasa jemu dan bosan dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan sekarang.

Bagi yang saat ini merasa saat bekerja itu membosankan dan menjemukan karena rutinitas pekerjaan itu saja maka bisa diibaratkan memegang konsisten dan berkesinambungan memang berat butuh genggaman erat dan semangat dari diri sendiri. (Sofyan)

0 komentar