Suara Hati Itu Suci



Suara Hati Itu Suci

"Suara hati. Dengarkanlah suara hati. Ia tidak akan pernah mengkhianati." Kata-kata inilah yang pernah saya dengarkan dari orang yang pernah saya temui ketika saya bertanya bagaimana cara menentukan pilihan yang tepat. Memang begitulah jawabanya tidak usah banyak yang dipikir kalau sudah mantap dengan suara hatimu itu bisa dipastikan pilihanmu tepat. 

Suara hati seperti apakah itu? Suara hati yang muncul dari hati yang bersih. Tidak pernah ternodai oleh prasangka buruk dan hati yang hanya terus bermunajat kepada Allah SWT pemilik kesucian dan Maha Suci.

Baca juga: Karya Sederhana Hasil Kebersamaan Bapak dan Anak

Banyak diantara kita hanya mengandalkan pikiran atau otak tapi jarang yang menggunakan hati untuk menentukan sikap dan tindakan. Suara hati memberikan pertimbangan yang bagus dalam setiap pilihan. Namun karena perbuatan dosa dan maksiat inilah hati tertutup olehnya. Sehingga manusia sulit menggunakan hati untuk menentukan pilihan sebelum melangkah.

Lantas bagaimana hati ini terjaga agar tetap bersih? Dalam agama telah dijelaskan secara gamblang cara menjaga hati tetap bersih diantaranya menjalankan ibadah sholat lima waktu tepat waktu, menjalankan puasa ramadhan maupun puasa sunah, suka memberi kepada orang lain. Serta menjalankan ibadah yang dituntunkan oleh ajaran agama.

Cukup berat memang untuk saya bisa mensucikan hati dikarenakan saya sebagai manusia tidak lepas dari godaan dan bisikan setan yang setiap waktu muncul untuk melenakan manusia mensucikan hati beribadah penuh kepada Allah SWT. Namun begitu saya selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT terhindar dari godaan setan terkutuk beserta bala tentaranya. (*)


0 komentar