Pengalaman Pertama Menyampaikan Materi Jurnalistik di Pemkot Surakarta



Pengalaman Pertama Menyampaikan Materi Jurnalistik di Pemkot Surakarta

Pengalaman yang sangat berharga dan memberikan suasana berbeda ketika bisa berbagi pengalaman dan ilmu kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta dalam penulisan jurnalistik. Kegiatan ini diikuti sebanyak 44 peserta dari setiap OPD bertempat di Balaikota Surakarta. Selasa (25/7/2023).

Dalam acara ini, saya mendapat bagian menyampaikan materi tentang dasar-dasar jurnalistik. Waktu yang diberikan panitia sangat singkat yaitu 20 menit. Walau sangat singkat tetap berupaya semaksimal mungkin untuk memberi yang terbaik bagi para peserta.

Perasaan yang saya rasakan saat itu begitu tegang. Karena baru pertama kali berada di ruang aula yang desain interior seperti sidang kabinet. Saya merasa seperti ketua sidang kabinet saja. Karena perasaan tegang berimbas pada saat saya menyampaikan materi tentang dasar-dasar jurnalistik tidak bisa begitu leluasa menyampaikannya. Hal ini tulisan pada tayangan slide presentasi tidak bisa dibaca begitu jelas. Jarak dan tulisan yang kecillah yang menjadikan saya agak kesulitan membaca tulisan presentasi yang saya buat sendiri.

Ini pengalaman yang sangat mengesankan dan membuat diriku memahami bahwa kerjasama yang bagus dan saling melengkapi antara satu dengan lainnya mampu membuat diriku jadi percaya diri semakin mantap. Karena kekurangan pada diri sendiri bisa ditutup dengan kelebihan dari orang lain.


0 komentar