Beri Bimbingan Penulisan Naskah Siaran Radio


Sekecil apapun yang dimiliki begitu bahagia bisa dibagikan manfaatnya kepada sesama. Inilah yang hanya bisa saya lakukan sampai saat ini. Walau hanya sedikit ilmu yang saya miliki sungguh terasa bahagia bisa berbagai kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo yang tergabung di organisasi mahasiswa Crew RADIO GIVE dalam pelatihan penulisan naskah siaran radio. Jumat (7/7/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan untuk membekali mahasiswa yang nantinya akan berperan aktif mengelola siaran radio internet. Terlebih ketrampilan menulis naskah menjadi dasar bagi seorang penyiar radio sebelum menjalankan tugasnya di ruang siaran. 

Dalam kegiatan pelatihan ini, saya menyampaikan tentang tujuan adanya naskah siaran, bagaimana tahapan menulis naskah siaran, cara membaca naskah siaran radio dan memberikan tugas kepada peserta sebagai praktik menulis naskah siaran. Naskah siaran yang telah dibuat oleh peserta ini nantinya akan digunakan untuk siaran radio dalam bentuk rekaman.

Keaktifan mahasiswa semester 4 ini sangat dibutuhkan dalam pengelolaan radio internet GIVE RADIO. Sebab adanya radio internet ini sebagai tempat mereka belajar dan latihan sehingga ketrampilan mereka dalam berbicara di depan umum (public speaking) semakin terasah. Selain itu, keaktifan saya dalam mendampingi dan membimbing mereka sangat dibutuhkan agar mereka tetap bersemangat dalam berlatih. 

Saya hanya bisa berdoa dan berusaha semampu kekuatan yang dimiliki dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Semoga sekecil ilmu yang saya berikan bisa bermanfaat bagi semuanya. Aaminn. (Sofyan)


0 komentar