Jika Takdir Berkata Kita Tak Berdaya



Jika Takdir Berkata Kita Tak Berdaya

Oleh: Sofyan Yuli Antonius

Tidak bisa dipungkiri bahwa takdirlah yang telah menentukan jalan kehidupan yang kita jalani sekarang ini. Jika Allah SWT telah menentukan takdir kita, siapapun tidak dapat merubah takdir kita. Walau demikian adanya tetaplah kita menjalani hidup ini secara istikhomah dengan terus memohon pertolongan serta bimbingan-Nya agar takdir yang ditentukan atas hidup kita adalah takdir yang penuh dengan rahmat dan hidayah-Nya.

Keyakinan pada takdir membuat hati dan hidup yang dijalani ini menjadi tenang. Sebab semua yang terjadi itu sudah menjadi hak multak Allah SWT atas diri kita. Semua yang terjadi atas ijin-Nya oleh karena itu tidaklah sepantasnya manusia itu sombong, takabur jika mendapatkan takdir yang baik. Begitu pula sebaliknya mudah menyerah, patah semangat, dan merasa menderita jika mendapatkan takdir yang tidak baik.

Pada hakikatnya, Allah SWT menentukan jalan takdir kita di dunia ini untuk menguji keimanan dan ketakwaan manusia. Sejauh mana manusia dapat menjalani hidupnya sesuai dengan kodrat manusia. Oleh sebab itulah manusia haruslah tetap memegang kuat ajaran Allah SWT. (*)

0 komentar