Butuh Strategi Mengelola Waktu dan Pekerjaan


Butuh Strategi Mengelola Waktu dan Pekerjaan

Oleh: Sofyan Yuli Antonius

Mengelola waktu dengan pekerjaan memang membutuhkan strategi tersendiri. Kalau tidak bisa menjalankan strategi terasa pikiran ini ada setumpuk pekerjaaan yang belum terselesaikan. Inginnya menyelesaikan semuanya seketika tapi apa daya pikiran dan tenaga yang ada terbatas dan hanya dikeluarkan secukupnya. Kalau dikeluarkan berlebihan atau over dosis membuat badan dan pikiran jadi tidak sehat akhirnya pekerjaan terbengkalai.

Lantas apa yang perlu dilakukan dalam menjalankan strategi mengelola waktu dalam pekerjaan. Langkah yang perlu dilakukan yaitu:

1. Berdoa terlebih dahulu sebelum bekerja agar pekerjaan diberikan kelancaran dalam penyelesaian sesuai target yang telah ditentukan serta mendapatkan ridho Allah SWT.

Baca juga: Catatan Kecil Seorang Anak 

2. Menginventarisasi banyaknya pekerjaan yang akan dikerjakan. Cara ini dengan mencatat pekerjaan sesuai datang dan target pekerjaan diselesaikan. Sehingga mudah mengingat pekerjaan mana perlu dikerjakan.

3.  Memilih dan memilah pekerjaan mana yang harus diselesaikan sekarang juga dan sifatnya segera.

4. Menentukan target waktu penyelesainan ditiap pekerjaan misalnya satu pekerjaan ditargetkan selesai dalam waktu dua jam atau tiga jam sesuai kebutuhan dan pengalaman yang pernah dilakukan. 

Baca juga: Jika Takdir Berkata Kita Tak Berdaya

5. Jika mengalami kesulitan dalam pengerjaan langsung menghubungi orang yang bisa dimintai tolong untuk membantu pekerjaan. Tentunya orang ini adalah orang yang ahli dalam bidangnya. 

6. Tetap menjaga kondisi kesehatan dan makan bergizi sebab banyak orang yang fokus pada penyelesaian pekerjaan malah mengabaikan kesehatan dan makan. Sehingga tetap memiliki tubuh prima.

Semoga langkah yang disampaikan di atas dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi semuanya. (*)


0 komentar