Tetaplah Berkarya Walau Itu Kecil Nilainya



Tetaplah Berkarya Walau Itu Kecil Nilainya

Oleh: Sofyan Yuli Antonius

Kemana pun dan dimana pun berada teruslah berkarya dan menghasilkan karya yang bermanfaat. Apapun hasil karya itu merupakan sebuah proses yang dilakukan sebagai jalan meraih mimpi yang selama ini kita impikan. 

Mengawali karya dengan membuat sesuatu yang mudah dilakukan namun memiliki manfaat minimal bagi diri sendiri. Dapat merubah kebiasaan yang dulunya orang pasif menjadi orang aktif dan kreatif. Hasil karya kecil lebih bermakna dibanding tidak berkarya sama sekali.

Kadang diri ini malas berkarya karena takut hasil karya yang dihasilkan tidak memuaskan, jelek, tidak ada manfaatnya, membuang-buang waktu saja dan sia-sia, hanyalah bayangan ilusi belaka. Padahal dengan kita berkarya telah melakukan perubahan dalam diri serta mengaktifkan diri ini menjadi insan produktif.

Hasil apapun karya ini, haruslah diri sendiri yang mampu menghargai. Walaupun orang lain tidak pernah menghargai hasil karya kita. Hal yang terpenting dalam berkarya adalah selalu menanamkan diri ini tetap semangat berkarya. Dengan semangat berkarya akan membuat hati selalu bahagia akhirnya membawa kepada kesejahteraan.

Salam, semangat berkarya selalu bahagia serta sejahtera. (*)

0 komentar